[Novel Terjemahan Indo] NO. 6 - Vol 1 Ch 1 (b) [unedit]

 Chapter 1: Nezumi, Dripping Wet.

Sumber: Eng TL

"Jangan bergerak," katanya.
Dia lebih pendek dariku. Tercekik dari bawah, aku berusaha keras untuk melihat matanya. Mereka gelap, namun pada saat yang sama, terang, abu-abu. Aku belum pernah melihat warna seperti itu sebelumnya. Jari-jarinya mengepal. Dia tidak terlihat kuat sama sekali, namun aku sama sekali tidak bisa bergerak. Itu bukan sesuatu yang bisa dilakukan orang normal.
"Begitu," aku berhasil terkesiap. "Kau sudah terbiasa melakukan ini."

Sepasang mata abu-abu itu tidak berkedip. Tatapan mereka masih terpaku, mereka menjadi tenang seperti permukaan laut yang lembut, dan aku tidak bisa membaca warna ancaman, ketakutan, atau niat membunuh dari mereka. Mereka adalah mata yang sangat pendiam. Aku bisa merasakan kepanikanku sendiri mereda.
"Aku akan mengobati lukamu," kataku, menjilati bibirku. "Kau terluka, bukan? Aku akan mengobatinya."
Aku bisa melihat diriku terpantul di mata si penyusup. Untuk sesaat, aku merasa seperti akan tersedot ke dalam mereka. Aku mengalihkan pandanganku dan melihat ke bawah, dan mengulangi diriku sendiri.
"Aku akan mengobati lukanya. Kita harus menghentikan pendarahannya. Mengobati. Kamu mengerti apa yang aku katakan, kan?"
Cengkeraman di leherku sedikit mengendur.


"Shion."
Suara ibuku terbawa dari interkom. "Jendelamu sudah terbuka, kan."
Aku menarik napas. Saya merasa baik-baik saja. Tidak apa-apa, saya meyakinkan diri sendiri. Saya bisa berbicara dengan suara normal.
"Jendelanya? ... Oh, ya, ini terbuka."

"Kau akan masuk angin jika tidak menutupnya."

"Aku tahu."
Aku bisa mendengar ibuku tertawa di ujung sana.
"Kamu berusia dua belas tahun hari ini dan kamu masih bertingkah seperti anak kecil."
"Oke, aku mengerti... Oh, Bu?"
"Apa?"
"Saya punya laporan untuk ditulis. Bisakah Anda meninggalkan saya sebentar?"
"Laporan? Bukankah kamu baru saja diterima di Kurikulum Berbakat?"
"Hah? Oh... yah, aku punya banyak tugas."
"Begitu... jangan terlalu memaksakan diri. Turunlah saat makan malam."

Jari-jari dingin menjauh dari tenggorokanku. Tubuh saya bebas. Saya mengulurkan tangan untuk memulai kembali sistem kontrol udara. Saya memastikan untuk mematikan sistem keamanan. Jika tidak, itu akan mendeteksi penyusup sebagai kehadiran asing, dan akan memicu alarm yang menusuk. Jika orang tersebut diakui sebagai penduduk sah No. 6 itu tidak akan terjadi, tapi saya tidak bisa membayangkan bahwa penyusup yang basah kuyup ini akan memiliki kewarganegaraan.
Jendela tertutup, dan udara hangat mulai bersirkulasi di dalam ruangan. Penyusup bermata abu-abu itu setengah berlutut, dan bersandar di tempat tidur. Dia menghela napas panjang dan dalam. Dia sangat melemah. Saya mengeluarkan peralatan darurat. Pertama saya mengambil denyut nadinya, lalu merobek bajunya, dan mulai membersihkan lukanya.
"Ini..."
Aku hanya bisa menatap. Saya tidak terbiasa dengan jenis cedera ini. Itu telah mengukir punggungan dangkal di daging sendi bahunya.
"Luka peluru?"
"Ya." Itu adalah jawaban biasa. "Hanya meleset. Apa istilahmu untuk ini? Luka tergores?"
"Saya bukan spesialis. Saya masih mahasiswa."
"Dari Kurikulum Berbakat?"
"Mulai bulan depan."
"Wow. IQ-nya tinggi, ya?"
Ada nada sarkasme dalam suaranya. Aku mengangkat pandanganku dari lukanya, dan menatap matanya.
"Apakah kamu mengolok-olok saya?"
"Mengolok-olok? Saat aku diperlakukan olehmu? Tidak pernah. Jadi apa spesialisasimu?"
Saya mengatakan kepadanya bahwa saya mengkhususkan diri dalam ekologi. Saya baru saja diterima di Kurikulum Berbakat. Ekologi. Itu paling tidak ada hubungannya dengan cara merawat luka tembak. Pengalaman pertama saya. Itu sedikit menarik. Mari kita lihat, apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu? Desinfektan, berpakaian... oh ya, saya harus menghentikan pendarahan.
"Apa yang kamu lakukan?"
Dia menatap saat aku mengambil jarum suntik dari kotak desinfektan, dan menelannya.
"Anestesi lokal. Baiklah, ini dia."
"Tunggu, tunggu sebentar. Kamu akan membekukannya, lalu apa?"
"Menjahitnya."
Seharusnya aku mengatakan ini dengan seringai sehingga aku terlihat tidak bisa lebih menikmati diriku sendiri. Itu adalah sesuatu yang kutemukan di kemudian hari.
"Menjahitnya! Bisakah kamu mendapatkan yang lebih primitif dari itu?"

"Ini bukan rumah sakit. Aku tidak punya fasilitas canggih, dan selain itu, menurutku luka tembak itu sendiri cukup primitif."
Tingkat kejahatan di kota itu hampir mendekati nol. Kota itu aman, dan warga biasa tidak perlu membawa senjata. Jika mereka melakukannya, itu hanya untuk berburu. Dua kali setahun, aturan dicabut untuk musim berburu. Senjata api zaman dahulu tersampir di bahu mereka, para penghobi akan menjelajah ke pegunungan utara. Ibu tidak menyukai mereka. Dia bilang dia tidak mengerti bagaimana orang bisa membunuh hewan untuk kesenangan, dan dia bukan satu-satunya. Dalam sensus berkala, 70% warga menyatakan tidak nyaman berburu sebagai bentuk olahraga. Membunuh hewan tak berdosa yang malang, betapa kejamnya, betapa kejamnya ....
Tapi sosok berdarah di depanku bukanlah rubah atau rusa. Itu adalah manusia.
"Aku tidak percaya," gumamku pada diriku sendiri.
"Percaya apa?"
"Bahwa ada orang yang akan menembak orang lain... kecuali... jangan bilang bahwa seseorang dari klub berburu menembakmu secara tidak sengaja?"
Bibirnya melengkung. Dia tersenyum.
"Klub berburu, ya. Yah, kurasa kamu bisa menyebutnya begitu. Tapi mereka tidak salah menembak."
"Mereka tahu mereka menembak manusia? Itu melanggar hukum."
"Benarkah? Bukannya rubah, mereka hanya berburu manusia. Perburuan. Kurasa itu tidak melanggar hukum."
"Apa maksudmu?"
"Bahwa ada pemburu, dan yang diburu."
"Aku tidak mengerti apa yang kamu bicarakan."
"Kupikir kamu tidak akan mengerti. Kamu tidak perlu mengerti. Jadi, apakah kamu serius akan memberiku jarum? Apakah kamu tidak memiliki obat bius semprot atau semacamnya?"
"Aku selalu ingin mencoba memberikan jarum."
Aku mendisinfeksi luka, dan mengoleskan anestesi dengan tiga suntikan di sekitar area yang terluka. Tanganku bergetar sedikit karena gugup, tapi entah bagaimana itu berjalan lancar.
"Itu akan segera mulai mati rasa, dan kemudian—"
"Kau akan menjahitnya."
"Ya."
"Apakah kau punya pengalaman?"
"Tentu saja tidak. Aku tidak akan masuk kedokteran. Tapi aku memiliki pengetahuan dasar tentang penjahitan pembuluh darah. Aku melihatnya di sebuah video."
"Pengetahuan dasar, ya ..."
Dia menarik napas dalam-dalam, dan menatapku langsung di wajah. Dia memiliki bibir tipis, tanpa darah, pipi cekung, dan kulit pucat kering. Dia memiliki wajah seseorang yang tidak menjalani kehidupan yang layak. Dia benar-benar terlihat seperti hewan buruan yang dikejar tanpa henti, kelelahan, tanpa tempat untuk lari. Tapi matanya berbeda. Mereka tanpa emosi, tapi aku bisa merasakan kekuatan dahsyat memancar dari mereka. Apakah itu vitalitas? Aku bertanya-tanya. Aku belum pernah bertemu siapa pun dalam hidupku dengan mata yang mengesankan seperti itu. Dan mata itu menatapku tanpa berkedip.

"Kamu aneh."
"Mengapa kamu mengatakan itu?"
"Kau bahkan belum menanyakan namaku."
"Oh, ya. Tapi aku juga belum memperkenalkan diri."
"Shion, kan? Seperti bunga?"
"Ya. Ibuku suka pohon dan bunga liar. Bagaimana denganmu?"
"Nezumi."
"Hah?"
"Namaku."
"Nezumi... bukan itu."
"Bukan apa?"
Warna mata itu bukan warna mata tikus mana pun. Itu adalah sesuatu yang lebih elegan. Seperti... langit sesaat sebelum fajar menyingsing bukankah terlihat seperti itu? Aku tersipu, malu melihat diriku menyemburkan seperti penyair lumpuh. Aku sengaja meninggikan suaraku.
"Benar, ini dia."
Ingat langkah-langkah dasar jahitan, kataku pada diri sendiri. Letakkan dua atau tiga benang stabil, dan gunakan sebagai benang pendukung untuk membuat jahitan terus menerus ... ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan presisi ... dalam kasus jahitan terus menerus....
Jari-jariku gemetar. Nezumi memperhatikan ujung jariku dalam diam. Aku gugup, tapi juga sedikit bersemangat. Aku menerapkan apa yang dulunya hanya pengetahuan buku teks ke dalam tindakan. Itu menggembirakan.
Jahitan lengkap. Aku menekan sepotong kain kasa bersih ke luka. Sebutir keringat meluncur di dahiku.
"Jadi kamu pintar."
Dahi Nezumi juga basah oleh keringat.
"Aku baik-baik saja dengan tanganku."
"Bukan hanya tanganmu. Otakmu itu. Kamu baru dua belas tahun, kan? Dan kamu masuk ke Kurikulum Berbakat dari institusi pendidikan tertinggi. Kamu super elit."
Kali ini, tidak ada nada sarkasme. Juga tidak ada tanda-tanda kekaguman. Saya diam-diam menyingkirkan kain kasa dan instrumen yang kotor.
Sepuluh tahun yang lalu, aku menduduki peringkat tertinggi dalam ujian intelijen kota untuk anak berusia dua tahun. Kota ini menyediakan pendidikan terbaik bagi siapa saja yang memiliki peringkat tertinggi dalam keterampilan atau kemampuan atletik. Sampai usia sepuluh tahun, aku menghadiri kelas di lingkungan yang dilengkapi dengan fasilitas terbaru di antara teman sekelas lainnya sepertiku. Di bawah pengawasan daftar instruktur ahli, kami diberi pendidikan dasar yang solid dan menyeluruh, setelah itu kami masing-masing diberikan set instruktur kami sendiri untuk pindah ke bidang spesialisasi yang cocok untuk kami. Sejak hari aku diakui sebagai ranker tertinggi, masa depanku dijanjikan kepadaku. Itu tak tergoyahkan. Tidak ada kekuatan kecil yang bisa membuatnya hancur. Setidaknya, begitulah seharusnya.

"Sepertinya tempat tidur yang nyaman," gumam Nezumi, masih bersandar di sana.
"Kamu bisa menggunakannya. Tapi ganti dulu."
Aku membuang baju bersih, handuk, dan sekotak antibiotik ke pangkuan Nezumi. Dan kemudian, karena iseng, aku memutuskan untuk membuat kakao. Aku memiliki cukup peralatan memasak dasar di kamarku untuk membuat satu atau dua minuman hangat.
"Tidak terlalu modis, kan?" Nezumi mengendus sambil menarik kemeja kotak-kotak itu.
"Lebih baik daripada kemeja kotor yang sobek dan berlumuran darah, jika kau bertanya padaku."
Aku memberinya secangkir cokelat yang mengepul. Untuk pertama kalinya malam ini, aku melihat apa yang tampak seperti kilatan emosi di mata abu-abunya. Kesenangan. Nezumi menyesap seteguk dan bergumam pelan―bagus.
"Ini bagus. Lebih baik daripada jahitanmu."
"Tidak adil untuk membandingkan seperti itu. Aku pikir itu berjalan cukup baik untuk percobaan pertamaku."
"Apakah kamu selalu seperti itu?"
"Hah?"
"Apakah kamu selalu membiarkan dirimu terbuka lebar? Atau apakah normal bagi semua elit cawan Petri untuk tidak memiliki rasa bahaya?" Nezumi melanjutkan, memegang cangkir di kedua tangan.
"Kalian bisa bergaul dengan baik tanpa merasakan bahaya atau ketakutan terhadap penyusup, ya?"
"Aku memang merasakan bahaya. Dan ketakutan juga. Aku takut akan hal-hal berbahaya dan aku tidak ingin berurusan dengan mereka. Aku juga tidak cukup naif untuk percaya bahwa seseorang yang masuk melalui jendela lantai dua milikku adalah warga negara yang terhormat."
"Lalu mengapa?"
Dia benar. Mengapa? Mengapa aku merawat luka penyusup ini, dan bahkan memberinya cokelat panas? Aku bukan monster berdarah dingin. Tapi aku juga tidak cukup penuh belas kasih dan niat baik untuk mengulurkan tangan kepada siapa pun yang terluka. Aku bukan orang suci. Aku benci berurusan dengan kerepotan dan perselisihan. Tapi aku telah menangkap penyusup ini. Jika pemerintah kota mengetahuinya, aku akan berada dalam masalah. Mereka mungkin melihatku sebagai seseorang yang kurang dalam penilaian yang baik. Jika itu terjadi...
Mataku bertemu dengan sepasang mata abu-abu. Aku merasa seperti aku bisa melihat sedikit tawa di dalamnya. Seolah mereka bisa melihat menembusku, semua yang kupikirkan, dan menertawakanku. Aku mengepalkan perutku dan balas menatapnya.
"Jika kau seorang pria besar, agresif, aku akan mengatur alarm saat itu juga. Tapi kau pendek, dan tampak seperti seorang gadis, dan akan jatuh. Jadi ... Jadi aku memutuskan untuk mentraktir mu. . Dan..."
"Dan?"
Dan matamu adalah warna aneh yang belum pernah kulihat sebelumnya. Dan mereka menarikku masuk.

"Dan... aku ingin benar-benar melihat seperti apa menjahit bejana itu."

Nezumi mengangkat bahu, dan menghabiskan sisa kakaonya. Menyeka mulutnya dengan punggung tangannya, dia mengusapkan telapak tangannya ke seprai.
"Bisakah aku benar-benar pergi tidur?"
"Tentu."
"Terima kasih."
Itu adalah kata-kata terima kasih pertama yang kudengar sejak dia masuk ke kamarku.

Part C

Komentar